Tips Belajar Efektif dan Efisien Cocok Nih Buat Kamu Yang Malas Malasan


Selamat datang kembali di blog admin barisan kataku, kali ini admin ingin sedikit membagikan tips seputar Bagaimana  kita mengejar metode yang efektif dalam proses belajar, terkhusus semua siswa dan pelajar biasanya menemukan tantangan dalam proses belajar efektif dan efisien.

Semua tentu merasa yang namanya belajar tersebut identik dengan Beban  atau keharusan coba ubah pola pikir dulu, atau simplenya anda belajar sebab kita suka! atau anda belajar sebab kita tau tersebut penting buat masa mendatang kita nanti! dimana sesorang yang berilmu tersebut akan menemukan penghargaan dan kehidupan yang layak! kalo pola pikir kita telah berubah tentu Cara Belajar Efektif bakal terlaksana dengan mudah.

Ciptakan keadaan belajar yang nyaman

Yang perlu kamu lakukan kesatu ialah bagaimana teknik membangun keadaan belajar yang nyaman. Ada tidak sedikit cara untuk menciptakan mood belajar tersebut muncul, diantara : kamu bisa belajar sambil memperhatikan nasyid islami, belajar di tempat-tempat yang sejuk dan nyaman laksana di taman, di sawah, di perkebunan, dll

Merangkum Materi Pelajaran

Kegiatan ini paling penting. Kenapa? Karena bila kamu membaca 1 kitab maka akan perlu waktu yang paling lama guna menyelesaikan. Carilah intisari dari latihan tersebut. Kalau butuh catat ulang materi-materi yang antum anggap penting, sampai-sampai mempermudah dalam mempelajarinya.

Belajar Bersama

Metode ini seringkali disampaikan metode yg sangat efektif sebab dalam keadaan belajar berkelompok yang lumayan santai benak menjadi lebih rileks menerima latihan / pelajaran yg bakal di serap. Selain tersebut hal - urusan yg belum di ketahui bakal lebih gampang di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat disarankan untuk belajar bareng ketika menghadapi ujian.

Metode mempersingkat atau memodifikasi serupa nama sesuatu

Untuk memudahkan hafalan, pakai singkatan nama-nama yang nyaris serupa untuk menilik materi. Ini paling efektif dipakai dan benak tidak terbebani dengan hafalan-hafalan berat.

Belajar dengan Praktik

Mempraktekan seluruh materi yang pernah diajarkan oleh guru akan menciptakan Anda jauh dari kejemuan dan menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan. Misalnya latihan IPA laksana Botani atau Avertebrata, kita dapat belajar sambil meneliti tumbuh-tumbuhan, fauna atau apapun, dengan tersebut kita dapat membuat suatu acara belajar jadi lebih asyik.

 Belajar teratur tapi tidak boleh lama

Dengan teratur belajar kamu akan semakin gampang untuk menilik hal yang telah Anda pelajari. yang perlu kamu lakukan ialah "belajar dengan secara rutin" bukan dengan waktu yang "Terlalu lama saat anda belajar". Seperti anda bisa belajar ketika pagi 45 menit, siang 25 menit, senja 50 menit, malam 1 jam. Cara ini terbukti paling efetif dan pikiran pun akan tetap dalam suasana rileks dari pada mesti belajar terlampau lama dengan sistim borongan.

Belajar dengan Memahami Bukan Menghafal

Hal yg sangat sering dilaksanakan oleh murid atapun mahasiswa ketika hendak menghadapi ujian ialah menghafal. Sebenarnya tidak salah melulu saja tidak cukup efektif. Bagi lebih efektifnya ialah dengan mengetahui teorinya maka dengan sendiri akan anda ingat saat ujian. Kalau kamu masih menggunakan metode belajar dengan menghafal, sangat dianjurkan untuk pindah ke metode mengetahui pelajaran.

 Buatlah Ringkasan
Dari Setiap Pelajaran Buatlah rangkuman atau ringkasan dari setiap latihan yang kamu dapatkan baik di sekolah maupun di lokasi lain atau lewat belajar bareng diatas. urusan ini bakal lebih tepat guna mengingat intisari atau benang merah dari setiap latihan yang telah dibaca ulang ini bakal menjadi Kata-kata kunci yang nanti bermanfaat waktu anda mengulang latihan selama ujian.

Disiplin Dalam Belajar
Kedisiplinan memang butuh diterapkan dalam belajar, laksana disiplin masa-masa dan disiplin dalam berkonsentrasi pada pelajaran. Dengan adaya sifat disiplin dalam diri Anda, dapat dijamin pelajaran yang Anda kerjakan dapat efektif dan efisien.

 Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada urusan yang belum jelas, maka tanyakan untuk guru, rekan atau orang tua. Jika anda bertanya seringkali kita bakal ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan mempunyai sifat menguji orang yang anda tanya.

Kembangkan Materi
Yang Sudah di Pelajari Cobalah kita beranggapan kritis ala ilmuwan. Buatlah sejumlah pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta bantu guru guna menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada kitab referensi beda atau internet. Cara ini menyuruh kita guna selalu beranggapan ke depan dan kritis.

 Mengajari teman
Mengulang latihan tidak mesti menyimak atau mencatat ulang latihan tapi dapat juga dengan mengajari rekan tentang pelajaran yang baru saja diulang. Jangan ragu atau pelit berbagi ilmu dengan teman! Ingat, ilmu tersebut semakin dipecah akan semakin bertambah.

Berdasarkan keterangan dari penelitian, anda akan menilik 5% dari yang anda dengar, 10% dari yang anda baca, 20% dari yang anda dengar dan baca, 30% dari yang diperagakan, 50% dari diskusi kelompok, 75% dari yang anda latihan/praktek, 90% dari yang anda ajarkan. Jadi berlomba-lombalah guna lebih duluan belajar, sehingga dapat mengajari teman. Di samping itu, ilmu yang anda ajarkan akan berfungsi dan menyebabkan pahala.

Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada urusan yang belum jelas, maka tanyakan untuk Dosen, rekan atau seniormu. Jika anda bertanya seringkali kita bakal ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan mempunyai sifat menguji orang yang anda tanya. Tawarkanlah pada rekan untuk bertanya untuk kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin tidak sedikit ditanya maka saya dan anda bisa semakin ingat dengan jawaban dan bilamana kita pun tidak tahu jawaban yang benar, maka saya dan anda bisa membahasnya bersama-sama dengan teman.

Belajar Dengan Serius dan Tekun
Ketika belajar di ruang belajar dengarkan dan catat apa yang Dosen jelaskan. Catat yang urgen karena dapat saja urusan itu tidak terdapat di kitab dan nanti akan terbit saat UTS atau UAS. Ketika masa-masa luang baca kembali daftar yang telah diciptakan tadi dan hapalkan seraya dimengerti. Jika kita telah merasa mantap dengan suatu latihan maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal digarap periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari pulang soal-soal yang salah dijawab.

Hindari Belajar Berlebihan
Jika masa-masa ujian telah dekat seringkali kita bakal panik andai belum siap. Jalan pintas yang sering dilaksanakan oleh pelajar yang belum siap ialah dengan belajar sampai larut malam / begadang atau menciptakan contekan. Sebaiknya saat akan ujian tetap istirahat tepat masa-masa karena andai bergadang semalaman bakal membawa akibat yang buruk untuk kesehatan. Siapkanlah belajar kalian dari jauh-jauh hari

 Jujur Dalam Mengerjakan Ujian
Hindari mencontek saat sedang menggarap soal ujian. Mencontek dapat menciptakan sifat kita culas dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun pun tidak bisa ditutup-tutupi terus-menerus dan ingin untuk melakukan kedustaan selanjutnya guna menutupi kedustaan selanjutnya. Anggaplah dengan nyontek tentu akan ketahuan Dosen dan memiliki masa mendatang sebagai penjahat bilamana kita mengerjakan kecurangan.

Belajar adalahhal yang wajib dilaksanakan oleh semua pelajar dan mahasiswa. Belajar pada umumnya dilaksanakan di sekolah atau di kampus saat jam pelajaran dilangsungkan dibimbing oleh Dosen. Belajar yang baik juga dilaksanakan di lokasi tinggal baik dengan maupun tanpa PR atau tugas-tugas kuliah. Belajar yang dilaksanakan secara terburu-buru dampak dikejar-kejar masa-masa memiliki akibat yang tidak baik.

Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini semoga dapat memberi kalian wawasan sepitar belajar agar lebih efektif :)

0 Response to "Tips Belajar Efektif dan Efisien Cocok Nih Buat Kamu Yang Malas Malasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel