Cara Hemat Ala Anak Kost SMP/SMA/Mahasiswa


Selamat pagi mas bro kali ini admin ingin sedikit share yaitu cara hemat ala anak kost Memasuki akhir bulan ialah saat di mana beberapa besar para pekerja menemukan bayaran atas kegiatan mereka. Penghasilan masuk berupa gaji telah seharusnya ditata sedemikian rupa sampai-sampai dapat mengisi semua pengeluaran keperluan sehari-hari. Jangan sampai, gaji yang kamu terima di akhir bulan, seperti bulan Januari, langsung berakhir di hari-hari kesatu bulan Februari, yang pada akhirnya justeru akan membuat kamu kesulitan dalam memenuhi keperluan selama sebulan mendatang.

Ketika anda harus dihadapkan oleh penataan arus kas, sekilas terlihat simpel dan mudah. Hanya terdiri dari pendapatan masuk, yang lazimnya berupa gaji, dan pengeluaran untuk mengongkosi kehidupan sehari-hari. Namun, saat kita mesti dihadapkan pada implementasinya, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Terutama saat dihadapkan pada fakta bahwa jumlah pengeluaran yang kamu lakukan, malah lebih banyak dari pendapatan yang kamu terima.

Misal, selagi masih di bulan Januari yang notabene menjadi pendahuluan di tahun 2013, terdapat baiknya bila kamu mulai mengerjakan pengaturan arus kas secara sederhana supaya keuangan kamu di tahun ini dapat berlangsung lebih teratur.

Secara sederhana, arus kas terbagi atas sejumlah kelompok spesifik pengeluaran. Sejumlah pos pengeluaran yang biasa kamu lakukan, bisa diklasifikasikan ke dalam sejumlah kelompok pengeluaran, yakni Kelompok Primer, Kewajiban, Sekunder, dan Kelompok Investasi atau Tabungan. Cobalah guna memasukkan seluruh pos pengeluaran anda, ke dalam sejumlah klasifikasi tersebut.

 Menjadi seorang anak kost saat kuliah pasti akan paling jauh bertolak belakang jika dikomparasikan ketika menjalani hidup sebagai anak SMA yang setiap ketika dapat meminta uang untuk orang tua. Ketika menjadi anak kost pasti kita dituntut guna bersikap lebih berdikari baik dari sisi mental dan keterampilan dalam menata pengeluaran bulanan. Tentu urusan yang lumrah, mengingat saat kuliah kita sudah menjadi seorang insan dewasa tidak lagi seorang remaja lagipula anak kecil yang membutuhkan pertolongan orang tuanya disegala hal. Nah, ngomong-ngomong mengenai tanggal tua tersebut, admin Dunia Mahasiswa Sukses telah mencakup sejumlah tips atau cara untuk para pembaca terutama para mahasiswa guna menghemat pengeluarannya di tiap bulan. Berikut 6 Tips Mengatur dan Menghemat Pengeluaran (Uang) Mahasiswa

Berusahalah Bagi Mendapatkan Beasiswa Jika terdapat yang bilang sulit menggali beasiswa saat kuliah, tersebut sepenuhnya salah! Kenapa? Tentunya apa yang admin katakan itu memiliki dalil yang kuat tidak saja sekedar omong kosong, sebab sebenarnya ada tidak sedikit jenis beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa. Tidak percaya? Silakan kamu cari di Google andai tidak percaya. Kembali lagi ketopik anda tadi, secara logika dapat anda sadari dengan menemukan beasiswa telah pasti finansial kita akan paling terbantu sebab paling tidak duit yang didapatkan dari beasiswa itu dapat kita pakai untuk menghemat pengeluaran kita. Selain tersebut beasiswa itu dapat kita pakai untuk membayar ongkos kuliah atau memenuhi keperluan kita sehari-hari. Oleh karena tersebut mulailah berburu beasiswa yang disediakan kampusmu atau instansi lain.

Buatlah Kumpulan Skala Prioritas Kebutuhan Mulailah beranggapan untuk menilai mana saja keperluan yang mesti segera diisi dan keperluan mana yang masih bisa ditunda. Ambillah secarik kertas dan tulislah sejumlah keperluan yang mesti segera kamu penuhi. (Baca Juga : Perlengkapan KuliahYang Wajib Dibawa) Dengan menciptakan skala prioritas kamu akan dapat menata keuangan kamu dengan lebih arif terlebih andai anda ialah seorang mahasiswa yang mempunyai uang yang terbatas. Niscaya dengan membuat susunan skala prioritas, pengeluaran kamu akan menjadi lebih hemat.

Menabung
Kalau kamu ingin menghemat uang, ya jelas kamu harus menabung. Uang bulanan yang biasa kamu terima dicoba tersisa hingga akhir bulan. Misalnya duit bulanan kamu Rp. 1.000.0000, kalau dapat disisihkan 30% - 50% (Rp. 300.000 - Rp. 500.000) dananya untuk ditabung. Jadi masing-masing bulan dicoba menyisihkan duit bulanan anda, supaya kamu mempunyai cadangan duit kalau kamu lagi kepepet memerlukan uang. 

Kurangi Mengeluarkan Uang Bagi Hal yang Tidak Penting
Ini ialah salah satu hal utama yang selalu menciptakan anak kos kehabisan uang. Kalau udah menjadi anak kos, kurangilah kelaziman yang biasa dilaksanakan saat masih bermukim di lokasi tinggal orang tua, yakni jalan-jalan dan melakukan pembelian sesuatu yang gak terlampau diperlukan. Jadi, bila udah menjadi anak kos, kamu harus udah dapat mengatur pengeluaran kamu dan lebih arif lagi dalam mengunakan uang kamu untuk memenuhi keperluan primer kamu terlebih dahulu. 

Mulailah bekerja sampingan atau bisnis kecil-kecilan Siapa bilang kuliah tidak dapat sambil bekerja atau berbisnis? Nyatanya ada tidak sedikit mahasiswa yang menjalani kuliah seraya bekerja atau berbisnis, bahkan ada tidak sedikit pengusaha berhasil yang merintis karir bisnisnya semenjak kuliah. (BacaJuga :Alternative Bisnis Untuk Para Mahasiswa) Dengan berbisnis kamu paling tidak dapat mendapatkan sedikit pendapatan sekaligus menajamkan bakat dan pengetahuan kamu dalam berbisnis. Di samping itu, dengan berbisnis kehidupan anda sebagai mahasiswa pasti akan terasa lebih bermakna sebab setiap ilmu yang anda dapatkan di bangku kuliah dapat anda terapkan secara langsung dalam dunia bisnis.

Mulailah memasak sendiri Jika kamu mempunyai peralatan masak yang memadai, saya rasa opsi yang tepat bila kamu memasak sendiri. Jika dihitung-hitung, dengan memasak sendiri kita dapat menghemat 2rb-5rb rupiah masing-masing makan. Lagipula untuk para mahasiswi, saya rasa tips ini dapat dijadikan ajang yang tepat guna mengasah keterampilan memasak mereka menilik dimasa depan mereka ialah calon ibu lokasi tinggal tangga.                        

Oke sekian dulu ya bro artikel admin sudah panjang semoga menambah wawasan kalian  semua

0 Response to "Cara Hemat Ala Anak Kost SMP/SMA/Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel