Begini Caranya Agar Menghafal Pelajaranmu Lebih Mudah

Hay bro kali ini admin akan berbagi satu artikel yang sangat berguna bagi kalian yang ingin menghafal lebih mudah, Setiap orang pasti perlu menghafal sesuatu. Terlebih murid dan mahasiswu  yang dituntut untuk dapat menghafal mengenai materi latihan tertentu.

Tapi kadang tak mudah untuk banyak orang guna menghafal. Setiap kali menyimak berulang-ulang tidak jarang kali tidak menempel di ingatan. Lantas apa yang menciptakan sulit sekali menghafal dan bagaimana metodenya menghafal dengan gampang dan cepat.

Kawan, gampang atau sulitnya menghafal tergantung dari sejumlah faktor. Misalnya seberapa rumit pelajaran yang hendak dihafalkan, seberapa tenang benak kita dan seberapa bebas benak kita dari masalah yang dipikirkan, serta kemauan kita sendiri apakah menghafal sesuatu tersebut karena kemauan pribadi atau sebab keterpaksaan.

Demikianlah memang, walaupun anda mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing, tapi sebetulnya Tuhan memberi potensi yang sama untuk kita, namun salah satu manusia terdapat yang optimal mencari potensinya dan kesudahannya ia berhasil, tetapi tidak sedikit pun yang malas mengajar kemampuannya sampai-sampai ia tidak mempunyai keunggulan apapun. Maka tidak boleh pernah berputus harapan dan memandang hidup tak terdapat artinya, andai kita giat dalam berjuang kekurangan dapat menjadi
kelebihan.

Pilihlah masa-masa yang tepat.

Ketika Anda memiliki sebuah berita yang mengejutkan kemudian Anda sampaikan untuk orang yang sedang marah, bagaimanakah tanggapan orang tersebut? Tentu ia bakal semakin marah dan ia bakal memarahi Anda. Coba bila kamu sampaikan berita tersebut di ketika ia tenang, barangkali tanggapannya bakal lebih baik dan bersahabat.
Waktu yang tepat bakal menghasilkan urusan yang diharapkan, maka menghafallah pada ketika yang tepat. Biasanya pada pagi hari mulai dari subuh hingga sekitar jam 10 pagi, sebab pada saat tersebut tubuh anda berada dalam keadaan yang masih segar sesudah beristirahat semalaman. Tapi tidak boleh menghafal pada masa-masa baru bangun tidur, selain bisa merusak mata, bisa-bisa Anda bakal tertidur lagi setelah menyaksikan hafalan yang sulit.

Cari lokasi yang pas.

Mungkinkah kita santap di lokasi yang menjijikkan? Secara normal selera santap kita pasti akan hilang. Kehidupan kita diprovokasi oleh lingkungan selama kita, oleh karena tersebut jika hendak cerdas carilah lokasi yang dihuni orang-orang pintar  supaya ketularan pintar dari mereka. Walaupun terdapat pepatah yang melafalkan “emas bakal tetap menjadi emas walau dicampakkan ke dalam lumpur” (artinya orang yang cerdas tetap bakal cerdas walaupun sedang di tengah-tengah kelompok orang yang tidak pintar), tapi insan senantiasa terpengaruh dengan apa yang ditempatinya.
Jadi carilah lokasi yang memungkinkan guna menghafal secara nyaman, tidak usah mewah yang urgen nyaman. Mengenai kenyamanan ini biasanya mempunyai sifat relatif, misalnya ada orang yang suka dengan musik, namun ada pun yang lebih menyukai tempat yang jauh dari kebisingan. Intinya carilah lokasi yang nyaman dan memungkinkan guna menghafal tanpa mendapat gangguan.

Carilah cara supaya berkonsentrasi.

Musuh utama dalam menghafal ialah buyarnya konsentrasi, sebenarnya konsentrasi ialah hal yang sangat diperlukan dalam menghafal. Ketika menghafal tak jarang benak kita melayang entah kemana mengkhayalkan hal-hal yang tidak terdapat kaitannya dengan hafalan tersebut, sampai-sampai waktu berakhir terbuang percuma bukan guna menghafal. Dan tidak boleh harap apa yang dihafal bakal masuk ke benak kalau kamu tidak berkonsentrasi, sebab memori itu hanya mempunyai sifat sensori yang bertahan di memori selama sejumlah detik saja, kemudian tidak akan dapat diingat kembali.
Salah satu strategi untuk menambah daya konsentrasi ialah dengan teknik berdoa. Dengan berdoa jiwa anda akan tenang, sehingga gampang untuk berkonsentrasi. Dalam situasi pikiran yang  fresh laksana ini, membangun fokus bukanlah urusan yang sulit.

Apa yang hendak dihafal diperpanjang
tarik tambang

Nah, andai tadi yang hendak dihafal mesti disingkat supaya lebih gampang diingat, lalu kenapa kali ini yang hendak dihapal malah harus diperpanjang?

Teknik ini berlaku bilamana ada rangkaian singkata yang susah untuk dihafal dan lebih gampang dihapal dalam format kalimat.

Teknik ini seringkali pernah atau sering digunakan untuk menghafal susunan formula kimia atau rangkaian tabel periodik. Contohnya silakan lihat tabel periodik kimia inilah ini.

tabel periodik bagian kimia


Kita dapat membuat kalimat karangan yang mudah dikenang untuk menghafal tabel periodik bagian Kimia. Misalnya di kelompok satu yang terdiri dari bagian H, Li, Na, K, Rb, CS, Fr. Kita dapat buat kalimat laksana ini: Hajah Lina Ke Rumah Baru Cs Frangky

Atau di kelompok IIA yang terdiri dari Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra. Kita dapat buat kalimat laksana ini: Beli Mangga Cari Sirsak Bawa Rambutan. Jauh lebih gampang diingatnya, kan?

Menghafal dengan nada atau lagu
mendengarkan lagu

Kalau anda suka menyanyi atau memperhatikan musik, barangkali tanpa anda sadari anda pasti hafal baik beberapa atau semua lirik lagunya. Dan itu tidak saja satu lagu. Padahal mungkin anda enggak berniat menghafalnya. Kenapa urusan itu dapat terjadi?

Karena benak kita memang lebih gampang menghafal dan menilik sesuatu yang bernada. Jadi, saat kita hendak menghafal sesuatu supaya terus ingat, kamu dapat buat kalimat yang hendak dihafal tersebut menjadi bernada. Nada lagunya dapat ngarang sendiri atau dari lagu yang telah ada diganti liriknya dengan kalimat yang hendak kamu hafal.

Dengan begitu hafalan tersebut akan lebih gampang menempel di otak. Tapi tidak boleh lagu "Lumpuhkanlah ingatanku" ya? Nanti anda malah hilang memori hehehe ...

Divisualkan menjadi gambar
menggambar

Otak insan jauh lebih mudah menilik gambar dikomparasikan text atau kalimat. Sebagai misal mungkin anda pernah bertemu dengan seorang yang wajahnya anda ingat tapi anda lupa namanya. Kenapa namanya dapat lupa sebenarnya nama panggilan melulu terdiri dari satu kata saja. Sedangkan wajah terdiri dari mata, hidung, mulut, dahi, pipi, rambut, dan beda sebagainya.

Atau barangkali kamu pun pernah melalui suatu wilayah yang anda ingat pernah lewat wilayah tersebut tapi anda lupa apa nama jalannya. tersebut juga memperlihatkan bahwa otak insan lebih mudah menilik gambar dikomparasikan text atau kalimat.

Atau barangkali kamu pun sulit sekali melupakan wajah mantan yang tidak jarang kali terbayang di benakmu? Kamu selalu menginginkan senyumnya, tawanya, sorot matanya, teknik bicaranya, dan beda sebagainya. Ah... kalau tersebut sih anda harus baca mengenai bagaimana metodenya melupakan dia yang pernah lama menghuni ruang hatimu.

Artinya andai kamu hendak menghafal sesuatu, sebisa barangkali divisualkan dalam format gambar. Misalkan kita dapat buat bagan. Dengan menciptakan bagan, misalnya walikota Bandung, Ridwan Kamil juga dalam menciptakan program-programnya menanggulangi masalah di kota Bandung bisanya menciptakan bagan mengenai apa saja rencana yang bakal dilakukan. Contohnya laksana ini bagan yang dibuatnya.bagan program-program Walikota Bandung


Nah, anda pun dalam menilik tentang pelajaran pelajaran, atau menciptakan rencana yang hendak diingat dapat juga menciptakan hal laksana itu.

Yang hendak dihafalkan mesti tidak jarang dilihat
melihat

Untuk menghafalkan sesuatu, memang usahakan materi itu harus tidak jarang dilihat, supaya lebih cepat hafal dan nantinya tidak gampang lupa.

Untuk tersebut kamu dapat tempelkan kertas yang bertuliskan materi itu di dinding kamar, di pintu, di lemari, dan beda sebagainya. Atau ada pun yang dapat kamu simpan di dompet.

Lebih bagusnya masing-masing kali anda ke mana juga selalu menyaksikan materi tersebut. Apalagi andai kamu sudah menciptakan bagan. Jadi saat ditempelkan di dinding kamar, bakal lebih gampang mengingatnya.

Sekian dulu di pembahasan admin kali ini semoga dapat membantu teman teman semua 

0 Response to "Begini Caranya Agar Menghafal Pelajaranmu Lebih Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel