Tips Membuat Puisi Buat Pemula Yang Baik dan Benar

Selamat siang , pada perjumpaan kali ini admin  ingin sedikit berbagi tips membuat puisi ,udah dapat membuat atau mencatat Puisi? Hah, belum? Anda mengejar solusi yang tepat sob. Sebelumnya, anda ketahui terlebih dahulu apa tersebut puisi.

Puisi tersebut adalahsalah satu jenis karya sastra mencatat yang unik, menarik, dan estetis untuk di baca atau didengarkan. Perbedaannya dengan karya sastra laksana Drama atau Prosa paling terlihat pada pola penulisannya. Drama lebih mengindikasikan ke bagian tokoh, cerita, alur, dan setting secara rinci.

Sedangkan Prosa lebih menitikberatkan pada monolog, gaya bicara, atau keterurutan waktu. Namun, pada Puisi ucapan-ucapan yang tertulis merupakan ucapan-ucapan pilihan (diksi) dan kata yang terbaik dari kosakata yang dipilih. Jadi disitulah letak kendala kita dalam menciptakan sebuah puisi.

 Mengapa kalian perlu memahami langkah-langkah menciptakan puisi yang baik? Karena urusan ini ibarat pergi ke suatu tujuan, kalian mesti tahu terlebih dahulu jalan yang mesti dilalui. Dengan mengetahui langkah-langkah berikut, semoga Anda dapat menyatakan bahwa membut puisi tersebut mudah!

Cara Membuat Puisi

Harus kamu ketahui, puisi ialah salah satu format karya sastra yang ingin lebih pendek daripada prosa dan drama. Meski demikian, puisi dirasakan karya sastra yang sangat sulit ditulis sebab kata-kata yang diungkapkan dalam puisi mesti berisi makna yang paling dalam dengan nada dan irama yang sesuai.

Gaya bahasa yang dipakai dalam puisi lebih tidak sedikit menggunakan kiasan, tidak laksana prosa dan drama yang seringkali memakai bahasa yang lugas dan denotatif. Bagi dapat mencatat sebuah puisi, maka perlu dicerna terlebih jenis-jenis puisi dan aspek-aspek yang mesti terdapat di dalam suatu puisi berikut.

Pemilihan kata (diksi) yang tepat

Sebagai bahan menciptakan puisi, kita mesti memperkaya pengetahuan kosakata. Baik tersebut bahasa yang baku atau bahasa tidak baku. Karena pemilihan kata yang tepat dapat mempermudah si pembaca supaya mengetahui pesan atau amanat yang terdapat dalam puisi kita. Misal, sebelum menciptakan puisi anda sudah mengoleksi kosakata yang berakhiran sama, atau kosakata dengan tema yang sesuai. Ini bisa mempermudah anda dalam menuangkan ide, tanpa perlu beranggapan lama dalam menanam kosakata yang tepat pada bait.

Sesuaikan bait demi bait

Ini urusan yang tidak jarang kita lupakan saat membuat puisi. Bait adalahhal yang lumayan penting dalam penciptaan puisi. Seperti halnya pada Drama atau Prosa, bait dapat kita samakan dengan paragraf. Antara bait kesatu dengan bait berikutnya mesti terdapat kebersangkutanan makna. Jangan hingga berisi arti yang bertolak belakang antar bait dalam puisi kita.

Misal kita menciptakan puisi mengenai Ibu, bait kesatu berkisah mengenai kasih sayangnya, terus bait kedua mengenai kuatnya ibu melakukan pembelian barang di pasar, ini kan walaupun satu tema tetapi kebersangkutanan maknanya terlampau jauh.

Cari ilham tentang pelajaran puisi yang akan kamu buat

Setelah pengetahuan kamu tentang puisi dirasa cukup, yang sejanjutnya mesti kamu lakukan ialah mencari ilham tentang pelajaran puisi yang kamu buat, inspirasi dapat datang dari mana saja, contohnya ketika kamu keluar rumah menyaksikan alam sekitar, menyaksikan tv, kumpul bersama teman dll. dengan begitu empiris estetik kamu akan lebih luas sampai-sampai akan lebih gampang untuk dituangkan dalam suatu tulisan.

Tulis apa yang kamu fikirkan

Mulai mencatat ilham hebat apa yang kamu temukan dalam format catatan kecil, dalam proses ini imajinasi, dan kreatifitas tinggi kamu sangat diperlukan untuk mencerminkan fikiran anda,  lantas lanjutkan dengan membuatnya dalam format kata-kata dalam puisi, seindah barangkali dan bebas. dengan demikian maka bakal terbentuk suatu puisi yang disini saya menuliskan masih puisi mentah.

Baca dan perbaiki kembali

Setelah puisi mentah kamu selesai, selanjutnya diamkan sejenak dan istirahatkan benak anda. baca dan perbaiki pulang setelah kamu mulai merasa tengah bergairah, dengan begitu diinginkan akan hadir sesuatu yang lain dari perasaan kamu yaitu perspektif pemikiran baru sehingga solusi puisi yang kamu buat bakal lebih apik dan indah.

UJi jajaki puisi baru anda

Walaupun puisi kamu sudah jadi, namun kamu wajib menguji jajaki hasil puisi yang kamu buat, uji jajaki ini bisa kamu lakukan di hadapan teman, sosial media, media cetak, blog dll, mintalah komentar kritik dan saran dari orang lain mengenai puisi yang kamu buat. dengan demikian maka puisi  yang kamu buat bakal lebih unik dan mempunyai estetika yang tinggi dan layak disebutkan indah.

Oke sekian dulu postinan admin di artikle ini semoga dapat menanambah wawasan kalian 

0 Response to "Tips Membuat Puisi Buat Pemula Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel