Kedalaman Sumur Bor Yang Berkualitas

Pemilihan jenis pipa dan fitting pipa dengan memperhatikan harga pipa dan kebutuhan lain tentu ywajib diperhatikan. Terutama jika diaplikasikan pada sumur bor. Kualitasnya yang bagus akan meminimalkan pergantian yang lebih cepat.

Air adalah sumber kehidupan makhluk hidup. Tidak ada satupun makhluk hidup yang tidak membutuhkan air. Manusia, tumbuhan dan hewan memerlukan air untuk kehidupan. Manusia bergantung pada air, tidak hanya untuk minum, tetapi juga untuk mandi, mencuci, menyiram tanaman dan , lainnya. Termasuk juga kita.

Kedalaman Sumur Bor Yang Berkualitas
Gambar: 99.co

Seiring bertambahnya manusia d dunia ini, tentu air tidak hanya didapatkan melalui mata air. Jika berada di wilayah yang ada airnya, tentu itu kemudahan. Namun ketika tinggal di daerah yang tidak ada mata air, keberadaan sumur sangat membantu untuk mendapatkan air. Air di dapatkan dari lapisan bawah tanah.

Jenis Sumur


  1. Sumur pompa. Sumur ini dibuat dengan cara tanah dibor untuk mendapatkan sumber air. Air disedot naik ke permukaan dengan bantuan pompa dan pipa air. Nah, karena pipa ini tertanam, baiknya kualitasnya harus diperhatikan seperti rilisan dari rucika.
  2. Sumur resapan. Sumur ini digunakan untuk menampung air hujan. Air hujanpun dimanfaatkan untuk berbagai hal.
  3. Sumur galian. Sumur yang dibuat secara manual dengan tenaga manusia, dengan lapisan batu dan semen sebagai penghalang agar air tidak merembes kembali ke dalam tanah. Ketika menggambil air menggunakan katrol timba air. 
  4. Sumur artesis. Sumur dengan peralatan canggih. Kedalaman bisa mencapai ratusan meter  sampai 250 meter dan digunakan kapasitas air yang besar.
  5. Sumur bor. Sumur dengan cara mengebor dan kedalamannya menurut geologi tanah yang dibuat sumur.

Kedalaman Sumur Bor


Kedalaman Sumur Bor
Gambar: raincurtain.co.za

Setiap sumur bor memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Hal ini bergantung dari kondisi wilayah dan tanahnya. Setiap tanah di berbagai tempat memiliki keadaan yang berbeda-beda. Daerah pedesaan tentu berbeda dengan daerah perkotaan. Dataran tinggi tentu berbeda dengan dataran  rendah.

Untuk dataran rendah, daerah pedesaan, kemungkinan untuk mendapatkan sumber air berkisar antara 6 sampai 10 meter dari permukaan tanah. Namun ketika dataran tinggi, tentu harus dilakukan pengeboran lebih dalam lagi untuk mendapatkan sumber air di bawah tanah.  Jika tanah gembur yang cenderung basah, bisa jadi tidak sampai 10 meter sudah mendapatkan air. Namun jika tanah kars yang cenderung kering akan lebih dalam lagi.

Sumur bor di daerah perkotaan lebih rumit lagi, karena terjadi perebutan sumber air. Seiring dengan padatnya penduduk. Menjadikan kedalaman lebih dalam lagi. Berkisar 15 meter. Apalagi keberadaan hotel dan gedung tinggi, ikut andil dalam kebutuhan air yang lebih tinggi daripada rumah tangga.  Untuk mendapatkan sumur bor berkualitas, membutuhkan tenaga ahli sumur bor. Ahli untuk membantu membuatkan sumber air yang berkualitas. Begitu pula membuat sistem pemipaan yang melibatkan instalasi sekaligus fitting pipa yang sesuai.

0 Response to "Kedalaman Sumur Bor Yang Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel