5 Tips dalam Memilih Tempat Les untuk Anak

Ketika membaca artikel ini, apa yang ada di dalam benak dan pikiran Anda? Ketika masa pandemi Covid-19 dan di era new normal, proses belajar mengajar baik di sekolah, kampus, hingga tempat les pun masih dilakukan di rumah secara online.

Memilih Tempat Les untuk Anak
Gambar: Dok. abyan-private.com


Biasanya para orangtua akan menambahkan jam belajar anak dengan mengikutsertakan si anak belajar di tempat les terdekat dengan lokasi rumah untuk lebih memperdalam materi-materi yang diajarkan di sekolah. Bahkan si anak perlu dibekali kemampuan atau skill khusus sehingga bisa bersaing nanti di mana era dan zaman globalisasi yang menuntut setiap orang memiliki skill khusus, kreatif, dan juga inovatif. 

Terkait dalam memilih tempat les privat atau kursus haruslah sangat selektif, karena ini bisa membantu si anak dalam proses meraih masa depan yang Anda sebagai orang tua impikan. Namun, apa saja hal yang harus diperhatikan Anda sebagai orang tua? Berikut ini ada 5 tips memilih tempat kurus atau les yang tidak boleh Anda lewatkan! 

1. Jangan Tergoda dengan ‘Biaya Les Murah’


Anda tentu sering mendapat brosur penawaran tempat les terdekat di sekitar rumah bukan? Bahkan di dalam brosur tersebut menawarkan biaya les yang murah. Namun jangan mudah percaya, tanyakan pada diri Anda apakah dengan biaya tersebut dapat menjamin kualitas dari tempat les tersebut? Yakin kah anak Anda akan mendapatkan hasil efektif nantinya atau jangan-jangan itu hanya akan membuang uang dan waktu saja? 

Memang ketika memilih tempat kursus untuk anak, harga menjadi faktr nomor pertama dan pertimbangan utama karena ini melihat dari budget yang Anda miliki. Jangan sampai cenderung memilih biaya les murah, namun kualitasnya tidak terjamin. Itu sama saja dengan buang-buang uang dong!

2. Pilih Tempat Les Terdekat dan Strategis


Lokasi tempat kursus juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Pastikan Anda lebih memilih tempat les terdekat dengan lokasi timpat tinggal Anda. Ini untuk menghemat biaya transportasi yang harus dikeluarkan setiap mau mengantar dan menjemput anak dari tempat lesnya.

Jika lokasinya sulit dan jauh, ini akan membuat si anak akan menjadi lelah ketika sampai dan akibatnya sulit berkonsentrasi dalam menerima pelajaran dari guru lesnya.  Sebaiknya pilih tempat kursus yang lokasinya mudah diakses atau dekat dengan lokasi rumah dan bisa dijangkau oleh moda transportasi. 

3. Cari Tempat Les yang Terpercaya dan Memiliki Reputasi


Kepercayaan adalah sebuah kunci utama. Tidak hanya untuk memilih tempat les, bahkan Ketika belanja online pun kita tentu mencari toko yang terpercaya bukan? Reputasi dan nama besar menjadi hal yang harus masuk ke dalam faktor list yang menjadi bahan pertimbangan. Biasanya untuk pemegang nama besar tentu memiliki standar dan kualitas yang mereka pertahankan demi menjamin kualitas untuk setiap peserta didiknya.

Memang balik lagi, semua itu tergantung bagaimana sikap dan disiplin setiap anak yang menjalani prosesnya. Namun setidaknya dengan nama besar tentu sudah menjadi bukti bahwa banyak yang memilih tempat tersebut karena kualitas baik sisi materi hingga pengajarnya.  

4. Lihat Metode Belajar dan Mengajar yang Diajarkan


Perihal metode pembelajaran yang diberikan juga jadi hal penting untuk diperhatikan ketika memilih sebuah tempat les anak. Dari sinilah, Anda bisa menilai apakah metodenya cocok dengan karakter si anak atau justru tidak cocok sama sekali. Selain itu lihat juga materi yang diajarkan. Apakah semua materi yang diajarkan nanti bisa diserap atau tidak. 

Sebuah tempat belajar tentu memiliki metode yang berbeda dalam halproses belajar dan mengajar dibandingkan di sekolah. Biasanya tidak hanya menggunakan buku teori, namun carilah tempat belajar yang juga menyediakan kelas interakitf sehingga dapat memicu kreatifitas anak dalam belajar. 

5. Lihat dan Kenali Kompetensi Para Pengajar


Perlu diingat bahwa setiap orangtua menginginkan anaknya bisa dapat dengan mudah memahami setiap materi pembelajaran yang diberikan. Oleh karena itulah, dibutuhkan para pengajar yang memiliki kompetensi yang baik sehingga membuat suasana belajar akan semakin nyaman dan memudahkan setiap anak didiknya memahami. 

Untuk menilai kompetensi para pengajar di tempat belajar, Anda dapat mencoba tempat kursus yang menyediakan kelas demo gratis, dan melihat bagaimana sang pengajar menyampaikan materinya dan bagaimana reaksi dari anak Anda. 

Itulah 5 tips dalam memilih sebuah tempat les untuk anak yang harus diperhatikan para orangtua. Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Tips dalam Memilih Tempat Les untuk Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel